MoU Keselarasan Kurikulum antara PT Frendsiand Jaya Teknik dengan SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Thursday - 26/11/2020 19:52
Perihal menyiapkan generasi yang unggul dan kompeten merupakan tugas bersama, utamanya dunia pendidikan dan IDUKA yang memberikan dukungan sarana dan prasarana maupun keselarasan kurikulum dengan dunia industri. Kebutuhan inilah yang telah diimpelementasikan oleh SMK Negeri 1 Sumatera Barat dalam mempersiapkan lulusannya
MOU Keselarasan Kurikulum
MOU Keselarasan Kurikulum
Perihal menyiapkan generasi yang unggul dan kompeten merupakan tugas bersama, utamanya dunia pendidikan dan IDUKA yang memberikan dukungan sarana dan prasarana maupun keselarasan kurikulum dengan dunia industri. Kebutuhan inilah yang telah diimpelementasikan oleh SMK Negeri 1 Sumatera Barat dalam mempersiapkan lulusannya
Selain kebutuhan akan keterampilan yang berbeda, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumatera Barat, Drs. Risman Jondedwi, M.M menginginkan karakter pembelajar dan keinginan untuk terus berkembang sebagai hal penting yang harus dimiliki lulusan/tamatan SMK N 1 Sumbar.

Pada kesempatan penanda tanganan MOU yang dilakukan di PT. FRENSIAND JAYA TEKNIK Jl. Raya Perancis Pergudangan 8 Blok SN, Jatimulya, Kosambi - Tangerang Banten 15212, pada hari Sabtu, 21 November 2020, Nora Margaret, S.Si, M.Pd selaku Wakil Humas/Manajemen Mutu SMK Negeri 1 Sumatera Barat berpesan dan memaparkan tentang kondisi industri 4.0 yang memberikan perubahan pada kebutuhan karakter tenaga kerja. Perkembangan industri yang kian pesat menyebabkan banyak perusahaan beralih menggunakan tenaga robotic atau digital dibandingkan dengan keterampilan yang dimiliki oleh manusia. Karenanya, dunia pendidikan dianggap perlu untuk mengikutsertakan pendidikan digital sebagai salah satu hal yang perlu dikuasai lulusan sebelum memasuki dunia kerja. “SMK N 1 Sumatera Barat harus menyiapkan peserta didik sehingga mereka tidak hanya bekerja secara fisik, tapi juga secara digital,” .
Hal ini diwujudkan maksimal dengan sistem E-learning yang komperhensif untuk merealisasikan 8 SNP dalam penyelenggaraan Sekolah.



Sementara itu Manajer HRD PT.Friendsian, Syamsu Rizal dalam kesempatan dialog bersama kepala sekolah Drs. Risman Jondedwi, M.M dan Wakil Humas/Mutu SMK Negeri 1 Sumatera Barat, Nora Margaret, S.Si, M.Pd  menanggapi secara serius persoalan perubahan kebutuhan skill tenaga kerja di industri, dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Peserta Didik SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang akan ditempa dan sekaligus diberikan kesempatan untuk diterima bekerja di PT. Friensiand, setelah mereka selesai pendidikan dan juga magang.  
Kesempatan yang telah ditawarkan ini, direalisasikan dalam bentuk MOU perjanjian Kerjasama keselarasan kurikulum serta komitmen rekruitmen tenaga kerja asal SMK Negeri 1 Suamtera Barat. Perkembangan industri yang terus terjadi harus diiringi dengan keselarasan kurikulum lembaga pendidikan, agar nantinya lulusan/tamatan SMK Negeri 1 Sumbar PNL dengan kompetensi yang dimiliki dapat langsung terserap oleh IDUKA.
Teknologi akan melahirkan berbagai profesi yang saat ini belum ada, sehingga Indonesia perlu meningkatkan kualitas keterampilan tenaga kerja dengan teknologi. Begitupun dengan peningkatan kapasistas entrepeneurship untuk mindset peserta didik, berpengetahuan entrepreneurial mindset employability skills, sehingga bisa berkontribusi pada pembangunan daya saing bangsa. 


Adapun beberapa penguatan karakter yang diharapkan dapat dibudayakan oleh industri ke depannya adalah literasi data dengan literasi teknologi atau computational thinking, creative thinking, collaboration, communication, dan compassion. Kepala Sekolah berharap, kerja sama yang sudah “link and match” ini dapat terus di-update sesuai dengan perkembangan industri. Terkait dengan sinergi kurikulum, mungkin selama ini sudah ditindaklanjuti dan diimplementasikan. Namun, perlu mengembangkan kurikulum yang sesuai sehingga mendekati harapan industri dalam mencari tenaga kerja di masa depan.
Wassalam & Thank You.

Let us know what you think

Please give us feedback so we can provide content that’s truly useful and helpful. Thanks!
 

Author: Tim Portal Belajar SMK Negeri 1 Rupat

 Tags: SMK Sumbar

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online9
  • Today1,906
  • This month3,842
  • Total316,943
Jajak Pendapat

Seberapa besar Aplikasi Web SMK Negeri 1 Sumatera Barat mampu mendukung proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran E-Learning ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second