5 Aplikasi Alternatif untuk Pertemuan/ Rapat Online

Thursday - 02/04/2020 19:17
Dengan maraknya perusahaan menerapkan work from home, Hutchison 3 (Tri) Indonesia mencoba melakukan pengujian secara internal terhadap keempat aplikasi tersebut untuk menemukan aplikasi mana yang paling irit memakan bandwidth.  Sebab kegiatan virtual dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, bilamana aplikasi telekonferensi hanya bergantung dengan kebutuhan bandwidth yang rendah, tentunya dengan koneksi internet yang stabil.
5 Aplikasi Alternatif untuk Pertemuan/ Rapat Online
Aplikasi video telekonferensi kini menjadi populer dikarenakan himbauan pemerintah agar masyarakat bisa bekerja dari rumah. Zoom, Hangouts, Skype dan WebEx mana paling irit kuota internet?

Dengan maraknya perusahaan menerapkan work from home, Hutchison 3 (Tri) Indonesia mencoba melakukan pengujian secara internal terhadap keempat aplikasi tersebut untuk menemukan aplikasi mana yang paling irit memakan bandwidth.  Sebab kegiatan virtual dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, bilamana aplikasi telekonferensi hanya bergantung dengan kebutuhan bandwidth yang rendah, tentunya dengan koneksi internet yang stabil.  

Pengujian internal terbatas Tri Indonesia ini sendiri menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan. 
Zoom Vs Skype Vs Hangouts, Mana Paling Irit Kuota Internet?Foto: Perbandingan penggunaan bandwitch aplikasi telekomference (Doc. Hutchison 3 Indonesia)

"Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi," tulis Tri dalam siaran pers, (1/4/2020).

Sementara itu itu, Tri menambahkan kalau aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. "Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan," lanjutnya"

Dari pengujian ini didapatkan hasil bahwa Zoom ternyata paling irit data dengan kebutuhan bandwidth sekitar 700 Kbps. Lalu Skype dengan 977Kbps, Hangouts dengan 1100 Kbps, dan terakhir WebEx dengan 1.700 Kbps.

Tri Indonesia juga menjelaskan bahwa dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video tersebut meningkat hingga 693%, khususnya pada jam kerja.

Aplikasi video telekonferensi semacam Zoom kini banyak dipakai oleh perusahaan maupun instansi pemerintah untuk mengadakan meeting secara digital.

Lewat bantuan aplikasi tersebut dapat pula memfasilitasi untuk mengadakan konferensi pers, rapat, pertemuan tim internal, atau interview dari jarak jauh yang dihadiri oleh banyak orang.  Berikut aplikasi video telekonferensi yang membantu produktivitas kerja anda:

1. Skype for Business

Skype for Business merupakan produk Microsoft yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara, conference call dan berbagi pesan dan dokumen khusus diperuntukkan bagi perusahaan

Aplikasi ini dapat menambahkan hingga 250 orang untuk melakukan rapat online, menyediakan keamanan kelas enterprise, memungkinkan kalian mengelola karyawan account, dan diintegrasikan ke dalam aplikasi Microsoft Office.

Menariknya lagi, Skype for Business dapat dinikmati melalui perangkat seluler, baik itu iOS maupun Android. Namun pengguna harus berlangganan untuk dapat memakai semua fiturnya sebesar US$9.83 per bulan atau setara Rp 158.000.

2. Google Hangouts Meets

Untuk memakai aplikasi telekonferensi milik Google ini, kalian harus terlebih dahulu berlangganan G Suite dengan harga mulai paket termurah Rp 65 ribu per bulan.

Berbeda dengan versi biasa, Google Hangouts Meets memiliki fitur panggilan video atau membuat sesi meeting virtual sampai 250 orang dan live streaming hingga lebih dari 100,000 penonton.

Selain itu aplikasi ini  dibekali dengan sejumlah fitur Google, yakni bisa menampilkan captions secara otomatis dengan teknologi text-to-speech, serta jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

3. WebEx

WebEx sendiri merupakan aplikasi telekonferensi berbasis web buatan Cisco yang memungkinkan pengguna untuk bertemu secara online, berkolaborasi dan berbagi konten hingga 1000 partisipan per pertemuan dengan menawarkan kualitas Video High Definition.

Pengguna dapat mengatur atau bergabung dengan rapat melalui ponsel, tablet, komputer, dan laptop. Pengguna dapat berbagi layar dalam rapat agar semua pengguna bisa mengikuti rapat. 

Aplikasi ini juga dapat terhubung sampai dengan 25 perangkat milik Cisco dan jika ingin memaksimalkan fitur aplikasi ini kalian harus berlangganan sebesar US$13,50 per bulan (Rp 216.000).

4. GoToMeeting

Aplikasi telekonferensi ini memungkinkan anda terhubung dengan banyak orang dan dapat membagikan dokumen contohnya file grafis keuangan perusahaan saat video berlangsung

Harga berlangganan GoToMeeting mulai dari US$14 per bulan (Rp 224.000) untuk grup dengan anggota mencapai 10 peserta dan biaya $29 per bulan untuk grup yang lebih besar dari 150 peserta.

5. Microsoft Teams

Aplikasi layanan produktivitas kerja milik Microsoft ini membantu tim dan perusahaan bekerja dari mana saja dengan terintegrasi penuh Office 365, melakukan konferensi video, panggilan suara, dan dapat mengedit file dokumen Word, Power Point, dan produk Microsoft lainnya bersama sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Untuk memaksimalkan fitur Microsoft Teams, kalian harus membayar paket berlangganan Office 365 Proplus dengan harga Rp 187.700 per bulan.

Author: Tim Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 5 in 1 rating

Ranking: 5 - 1 vote
Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   

Newer articles

Older articles

Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online7
  • Today1,906
  • This month3,753
  • Total316,854
Jajak Pendapat

Apakah Anda mengenal dan pernah memanfaatkan Aplikasi Web Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second