"Manajemen Base on Digitalisasi (Berbasis TIK)"

Friday - 27/03/2020 00:31
"Manajemen Base on Digitalisasi (Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi - TIK)"
Kerjasama yang solid demi Peningkatan Mutu Kompetensi Keahlian di SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Kerjasama yang solid demi Peningkatan Mutu Kompetensi Keahlian di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Nora Margaret, S.Si, M.Pd

Wakil Humas/Mutu SMK Negeri 1 Sumatera Barat

 

Menurut Wikipedia (ensiklopedia bebas) Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.[1] Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Perlahan tapi pasti SMK Negeri 1 Sumatera Barat memperkenalkan smart way n smart think melalui manajemen berbasis digitalisasi (TIK) dengan merancang system untuk pengaturan tercapainya tujuan atau sasaran secara efektif dengan mengarahkan orang lain sesuai perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan sumber daya.

Melengkapi system dengan inovasi untuk kemudahan proses pelaksanaannya (‘Complete system with any inovation way for easy procces’)

Produk inovasi lainnya dari penggunaan SIM Terpadu portal belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat adalah Registrasi PKL (Praktek Kerja Lapangan) secara online. Proses digitalisasi manajemen dapat terlihat berikut ini :

  1. Siswa melakukan proses registrasi PKL pada webb resmi SMK N 1 Sumatera Barat direktori HUmas/Hubin dan sub direktori PKL seperti gambar :
  2. Lakukan proses registrasi dengan syarat konfirm ketika siswa upload foto dan bukti sumbangan komite dan proses registrasi di submit.
  3. Jika sudah konfirm ada notif di email admin sehingga admin bisa chek dan memverifikasi berkas yg diupload.
  4. Selanjutnya jika admin selesai memverivikasi, dan mengklik ‘ok’ pada tombol proses, ada notif  ke email siswa bahwa dokumen penjajakan telah ready cetak
  5. Berikutnya admin (sekretariat) menginput nama Guru Pembimbing beserta NIP dan Tempat Perusahaan yang akan di jajaki dengan menswicth tempat PKL dalam kota Padang, Luar Kota dalam Provinsi, Luar Kota Luar Provinsi (Jakarta, Batam , Bandung dan lainnya) . Dengan masing-masing pilihan telah terkoneksi kisaran Biaya Perjalanan Dinas sesuai anggaran minimal yang mengacu pada standar pembiayaan yang diatur Pergub Provinsi Sumatera Barat dan disesuaikan dengan PMK Nomor 78/PMK.02/2019 serta Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.
  6. Jika admin telah melengkapi data, cetak dokumen penjajakan dapat dilakukan langsung untuk dokumen Surat Penjajakan, Surat Tugas Pembimbing, SPPD, serta Kwitansi Pembayaran Perjalanan Dinas.

Demikian berita inovasi dari kegiatan PKL 2020. Let we promise for Tomorrow ... Any inovation Will be shown ...

 

Sure! n Wait ....

Author: Tim Portal Belajar - SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   
Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online8
  • Today1,906
  • This month3,927
  • Total317,028
Jajak Pendapat

Seberapa besar Aplikasi Web SMK Negeri 1 Sumatera Barat mampu mendukung proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran E-Learning ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second