Perjalanan Dinas Sesuai Undang-Undang, Tahapan Serta Mekanismenya

Friday - 27/03/2020 00:26
Perjalanan Dinas Sesuai Undang-Undang, Tahapan Serta Mekanismenya
Perjalanan Dinas Sesuai Undang-Undang, Tahapan Serta Mekanismenya

Perjalanan dinas sesuai undang-undang tentunya harus dipahami betul oleh setiap institusi, sekolah atau lembaga dinas agar perjalanan yang dilakukannya tidak sampai berbenturan dengan hukum di tanah air. Perjalanan dinas sendiri pada dasarnya merupakan suatu perjalanan yang dilakukan oleh karyawan dari suatu lembaga, sekolah atau perusahaan yang berkaitan dengan tugas kedinasan. Dalam hal ini yang dimaksud dengan tugas kedinasan adalah tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan dari lembaga atau perusahaan tempatnya bekerja.

Perjalanan dinas setidaknya pernah dilakukan oleh guru atau para karyawan di suatu perusahaan terutama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan di luar kantor. Walaupun perjalanan dinas ini kelihatan sepele dan sering dilakukan namun sudah seharusnya perjalanan dinas berjalan dengan berdasar pada hukum yang berlaku. Perjalanan dinas harus berjalan sesuai dengan dasar hukum dan peraturan perudangan yang berlaku di tanah air sehingga pada akhirnya nanti tidak menimbulkan kerugian baik bagi guru atau karyawan yang melakukan perjalanan dinas maupun bagi sekolah, instansi atau perusahaan yang mengadakan program perjalanan dinas. beberapa hal mengenai perjalanan dinas tampaknya perlu dipahami lebih lanjut agar perjalanan dinas yang dilakukan demi menjalankan tugas nantinya bisa berjalan secara efektif dan pada akhirnya bisa memberikan hasil yang maksimal pada sekolah, instansi atau perusahaan itu sendiri.

Tahapan Keberangkatan

Perjalanan dinas yang harus dilakukan oleh guru atau karyawan biasanya akan diinformasikan oleh pimpinan instansi atau perusahaan. Seorang pimpinan akan melihat kebutuhan mengenai perjalanan dinas lalu ia akan memberikan informasi mengenai karyawan yang harus melakukan perjalanan dinas. Jika Anda menjadi salah satu guru atau karyawan yang harus melakukan perjalanan dinas maka Anda harus tahu benar mengenai tujuan dari perjalanan dinas yang Anda lakukan. Selain itu waktu perjalanan juga perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Dengan mengetahui tanggal keberangkatan dan kembali dengan tepat, maka nantinya perjalanan dinas bisa dilakukan di waktu yang tepat. Selanjutnya kegiatan pokok dari perjalanan dinas Anda juga harus dipahami. Dengan siapa Anda akan bertemu nantinya dan apa yang harus dilakukan setidaknya perlu menjadi informasi bagi Anda agar Anda dapat melaksanakan tugas dengan baik. Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam melakukan perjalanan dinas adalah penginapan serta angkutan yang tentunya diperlukan sebagai akomodasi Anda selama melakukan perjalanan dinas. Segala persiapan harus dilakukan dengan matang agar perjalanan dinas Anda tidak menjadi sia-sia dan dapat memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dasar Hukum

Perjalanan dinas sesuai undang-undang yang dilakukan oleh para karyawan dari suatu instansi, lembaga atau perusahaan sebenarnya tidaklah dilakukan tanpa dasar yang jelas. Di tanah air ada pula dasar hukum yang mengatur tentang perjalanan dinas yang akan dilakukan oleh karyawan dengan persetujuan dari pimpinan perusahaan. Demikian pula perjalanan dinas yang dilakukan oleh instansi yang terkait dengan negara misalnya BUMN. Dalam hal ini perjalanan dinas sudah seharusnya memenuhi beberapa prinsip pelaksanaan perjalanan.

Berikut ini adalah Peraturan Gubernur Sumatera Barat yang mengatur PERJALANAN DINAS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH
PROVINSI SUMATERA BARAT

 

 

Author: Tim Portal Belajar - SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   
Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online9
  • Today1,906
  • This month3,837
  • Total316,938
Jajak Pendapat

Apakah Anda mengenal dan pernah memanfaatkan Aplikasi Web Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second