Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Friday - 27/03/2020 20:55
Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat
 
Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Kompetensi keahlian Teknik Mekatronika merupakan salah satu Program Kompetensi Keahlian (jurusan) yang tergolong baru di tingkat SMK. Belum banyak sekolah yang membuka program keahlian ini. Secara garis besar, kompetensi keahlian teknik mekatronika ini merupakan irisan dari beberapa kompetensi keahlian yaitu Teknik Elektronika, Elektronika Industri, dan Teknik Pemesinan. Sehingga dari segi kompetensinya juga merupakan gabungan dari ketiga kompetensi keahlian tersebut yaitu peserta didik dapat menguasai kompetensi di bidang elektronika, bidang kontrol industri (otomasi), dan juga kompetensi di bidang pemesinan.

Dari namanya sendiri "Mekatronika" merupakan gabungan dari Mekanika dan Elektronika. Akan tetapi, dalam hirarki kompetensi keahlian dari Direktorat Pembinaan SMK Kompetensi Keahlian Teknik mekatronika ini berada di dalam rumpun Teknik Elektronika dengan kode 066 bersama dengan Teknik Elektronika Industri dan Teknik Audio Video.

Dalam kompetensi keahlian Teknik Mekatronika terdapat 6 Dasar Kompetensi Keahlian (DKK) dan 16 Standar Kompetensi Kejuruan (KK). Dari sejumlah DKK dan KK tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu: Dasar Elektronika, Dasar Sistem Kontrol, Pneumatik & Hidrolik, Dasar Teknik mesin, serta dasar pemesinan.

Kompetensi keahlian ini merupakan kompetensi keahlian yang akan terus senantiasa berkembang karena perkembangan ilmu pengetahuan dibidang teknik mekatronika atau bidang lain yang menunjang kompetensi keahlian ini berkembang dengan sangat pesat. Apalagi dengan pesatnya perkembangan dunia industri yang semakin high technology dan automation based technology sehingga membuka peluang besar bagi para peserta didik yang mengambil kompetensi keahlian Teknik Mekatronika.

Teknologi yang menggabungkan tentang mesin elektronika dan informatika. Lulusan mampu merancang, mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang dikendalikan secara elektronik berbasis sentral elektronik yang diprogram menggunakan bantuan PLC dan komputer. Selain itu mampu mengoperasikan mesin industri berbasis Otomation Machine, mampu mengoperasikan dan merawat mesin industri berbasis Peunematic Hydrolic dan lain-lain. 

Aplikasi Mesin Teknik Mekatronika sendiri bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada mesin fotokopi, pintu otomatis, anti-lock breaking system, dan sebagainya. Pada bidang industri, para insinyur Teknik Mekatronika mengembangkannya ke dalam mesin-mesin yang terintegrasi untuk mengolah suatu produk dari bahan mentah menjadi barang jadi.

Sistem dan perangkat utama pada Teknik Mekatronika terdiri dari beberapa komponen penting seperti:

  • Sistem kontrol (Signal and system)
  • Sensor dan aktuator (sensor and actuators)
  • Konsep mekanikal (physical system modeling)
  • Perangkat lunak dan akusisi data (software and data acquisition)
  • Komputer dan sistem logika (computer and logic system)

Author: Tim Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

  • Humas
    silahkan datang saja berkunjung untuk studi banding, trimakasih
      Humas   26/11/2020 12:44
  • Jepri
    Assalamu'alaikum...
    Saya Jepri dari Rokan Hulu,di sekolah kami belum ada jurusan Mekatronika,
    Jika ingin membuka jurusan tersebut, apakah yang harus di persiapkan..
    Terima kaseh
      Jepri   18/09/2020 06:32
Security Code   
Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online9
  • Today1,906
  • This month3,829
  • Total316,930
Jajak Pendapat

Seberapa besar Aplikasi Web SMK Negeri 1 Sumatera Barat mampu mendukung proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran E-Learning ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second