Lintas Sejarah SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Friday - 27/03/2020 09:50
Lintas Sejarah SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Lintas Sejarah SMK Negeri 1 Sumatera Barat

SEJARAH SINGKAT SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

 

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Sumatera Barat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) didirikan sesuai Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 892-276-2011 tanggal 15 Juni 2011 yang berkedudukan di Padang dan beralamat di Jalan Muhammad Yunus Lubuk Lintah Telp. (0751) 26765 Padang Kode Pos 25152 dan Rekomendasi Direktur Pembinaan SMK Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud RI melalui surat nomor : 256/03/MN/2011 tanggal 3 Maret 2011 tentang Pendirin SMK Negeri Sumatera Barat berorientasi RSBI sebagai upaya perluasan fungsi BLPT Provinsi Sumatera Barat yang mulai beroperasi pada Tahun Ajaran 2011/2012.

Segala biaya operasional dan belaja pegawai atas pendirian Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Sumatera Barat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumatera Barat dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat. Saat ini, Semua guru/instruktur yang ada di BLPT Sumatera Barat telah dipindahkan ke SMK Negeri Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebagai pengawas, pejabat eselon IV dan eselon III.

Berdasarkan amar putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 5/PUU-X/2012 dan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 017/MPK/SE/2013 Tanggal 30 Januari 2013, semua sekolah yang selama ini mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berstatus menjadi sekolah reguler yang dibina oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 420-757-2013 tanggal 25 September 2013 tentang Perubahan Nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sumatera Barat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumatera Barat yang beralamat di Jalan Muhammad Yunus Lubuk Lintah Padang.


Tahun 2011

kepsek1
 

Sejarah awal berdirinya SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 892-276-2011 tanggal 15 Juni 2011 yang berkedudukan di Padang dan beralamat di Jalan Muhammad Yunus Lubuk Lintah dan Rekomendasi Direktur Pembinaan SMK Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud RI melalui surat nomor : 256/03/MN/2011 tanggal 3 Maret 2011 tentang Pendirin SMK Negeri Sumatera Barat berorientasi RSBI dengan nama lembaga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumatera Barat berlokasi di Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang dengan Kepala Sekolah Bapak Drs. Tasman Muis, M.Pd NIP. 195705091985111001.

Beliau menjabat dari Juli 2011 sampai dengan Maret 2016

Tahun 2016

kepsek2
 

 

Kepemimpinan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang semula dipegang oleh Bapak Drs. Tasman Muis, M.Pd.  digantikan/ dilanjutkan kembali oleh Bapak Drs. Herikasni, M.Pd. NIP. 196012151985031006. Beliau menjabat dari Maret 2016 sampai dengan Oktober 2017
 

Tahun 2017

kepsek3

                                     

Kepemimpinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang semula Kepala Sekolah dijabat oleh Bapak Drs. Herikasni, M.Pd. digantikan oleh Bapak Drs. Risman Jondedwi, MM. NIP. 196412021990031004. 

Beliau menjabat dari November 2017 sampai dengan sekarang,..


Tahun 2018

Pada 08 Maret 2018 dilakukan gelar acara Komitmen SMK Negeri 1 Sumatera Barat menjadi Sekolah Unggul. Selain itu diresmikan Perpustakaan Sekolah SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang mendapat hibah bantuan dari pemerintah pusat, menjadikan sarana dan prasarana sekolah sesuai aturan 8 SNP bidang sarana dan prasarana . Komitmen ini menjadikan dasar revitalisasi SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang di dokumentasikan dalam Buku agar pedoman dan arah tahapan yang akan di capai dapat terealisasi sesuai harapan. 

SMK Negeri 1 Sumatera Barat menanggapi dengan serius amanat Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dalam mewujudkan revitalisasi SMK Negeri 1 Sumatera Barat menjadi sekolah unggul dan terakreditasi A dengan melakukan tahapan–tahapan berupa rangkaian program  berikut ini :

  1. Mendukung rencana pengalihan aset UPTD BLPT Provinsi Sumatera Barat menjadi aset SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang dimungkinkan akibat penghapusan fungsi UPTD BLPT dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Keputusan Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Efek dari pengalihan aset tersebut mengakibatkan penataan LSP P2 Provinsi Sumatera Barat berada di  SMK Negeri 1 Sumatera Barat.  Upaya ini sebagai wujud mendukung isu strategis revitalisasi SMK bidang Standarisasi sarana dan prasarana utama.  Wacana adanya pengalihan aset dari UPTD BLPT kepada SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang akan diserahkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, merupakan angin segar bagi warga SMK Negeri 1 Sumatera Barat seluruh unsur yang terkait, mulai dari Manajemen, Pendidik, Tenaga Kependidikan,  memperlihatkan keseriusan dan fokus dengan wacana ini. Tertumpang harapan rencana pengalihan aset ini secepatnya terwujud dan aset yang dialihkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana utama sekolah yang disesuaikan dengan Permendikbud No 40 Tahun 2008 (Standar Sarana Prasarana SMK). Tahapan yang dilakukan dalam upaya pengalihan aset,  penanggung jawab aset, dan rencana pemanfaatan aset serta tenaga  personalia seperti berikut:

a). Pengalihan Aset

Pengalihan Aset, merupakan upaya memindahkan hak dan tanggung jawab, wewenang, kewajiban, penggunaan, pemanfaatan dari sebuah unit kerja ke unit yang lainya di lingkungan sendiri seperti penjualan, penyertaan modal, hibah dan lain – lain.Sesuai dengan pengertian tersebut , maka Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat berencana akan menyerahkan aset yang sebelumnya diverifikasi oleh Tim Aset Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dari UPTD BLPT kepada SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Pengalihan aset ini dimungkinkan terjadi akibat berakhirnya fungsi BLPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

b). Penanggung Jawab Aset

Tim Verifikasi Aset Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat bertanggung jawab penuh memferifikasi aset dari UPTD BLPT dan melaporkanya kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebelum dialihkan kepada Tim Penerima Aset dari SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Tim penerima aset ini dibentuk sesuai Surat Tugas Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sumatera Barat Nomor : 800/444/SMK-SB/2018 tanggal 24 juli 2018 (Lampiran 3)

c). Rencana Pemanfaatan Gedung

Dengan dimungkinkanya pengalihan aset dari BLPT ke SMK Negeri 1 Sumatera Barat, Manajemen SMK berupaya merencanakan penataan pemanfaatan sarana dan prasarana (gedung) yang ada untuk memenuhi kebutuhan dalam proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Rencana pemanfaatan gedung atau sarana yang ada,  didasarkan pada Permen No. 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana sekolah Menegah kejuruan dan Rekayasa. Pemanfaatan gedung /  sarana yang dialihkan ini direncanakan akan dikelompokkan sesuai dengan standar ruangan yang harus ada pada sekolah kejuruan seperti:

1). Kelompok Ruang Pembelajaran Umum terdiri dari :

    a. Ruang Kelas
    b. Ruang Perpustakaan
    c. Ruang Laboratorium Fisika
    d. Ruang Laboratorium Kimia
    e. Ruang Laboratorium Komputer
    f.  Ruang Laboratorium Bahasa
    g. Ruang Praktik Gambar Teknik

2). Kelompok Ruang Penunjang terdiri dari :

     a. Ruang pimpinan
     b. Ruang Guru
     c. Ruang Tata Usaha
     d. Tempat Beribadah
     e. Ruang Konseling
     f.  Ruang UKS
     g. Ruang Organisasi Kesiswaan
     h. Jamban/WC
     i.  Gudang
     j.  Ruang Sirkulasi
    k.  Tempat Bermain/Berolahraga

3). Kelompok Ruangan Pembelajaran Khusus

Meliputi ruang praktik yang disesuaikan dengan program keahlian.
Rencana pemanfaatan gedung BLPT bagi SMK N 1 Sumatera Barat dapat terlihat pada gambar  (Lampiran 4) dan tabel  (Lampiran 5).


d. Tenaga Personil/ SDM

Tugas dan Tanggung jawab Tenaga Personalia/ Sumber Daya Manusia : 
 

  1. Mempedomani seting ruangan yang ada, maka personil yang direncanakan harus ada untuk menunjang akselerasi pencapaian tujuan dan visi misi sekolah SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang sesuai dengan Permendikbud No. 24 tahun 2008.  Rencana penempatan SDM disesuaikan dengan perubahan pengelolaan ruangan  seperti berikut ini:


 

No. Petugas/ Pelaksana Urusan Jumlah
1. Pelaksana Urusan Administrasi Kepegawaian 6 orang
2. Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan 2 orang
3. Petugas Layanan Khusus  
a. Penjaga Sekolah/ Madrasah/ Satpam 6 orang
b. Tukang Kebun 2 orang
c. Tenaga Kebersihan 8 orang
d. Pesuruh 2 orang
e. Tollman 6 orang
f. Petugas Asrama 4 orang
g. Juru Gudang 1 orang
h. Maintenance and Repair 4 orang
i. Inventaris 1 orang
 
  1. Membuat dan menetapkan Visi, Misi, Tujuan Sekolah, Tujuan Program Keahlian, RKJM dan RKT, serta RENSTRA yang selaras dengan program pemerintah untuk optimalisasi revitalisasi SMK menuju sekolah unggul.
  2. Sebagai pedoman kerja bagi manajemen dan seluruh warga sekolah dalam mewujudkan revitalisasi SMK Negeri 1 Sumatera Barat menjadi sekolah unggul, dibuat buku dengan judul: Rancangan Program Revitalisasi SMK Negeri 1 Sumatera Barat Menjadi Sekolah Unggul. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kesiapan administrasi dan program serta tenaga personalia untuk merealisasikan proses pengalihan aset UPTD BLPT dan LSP P2 UPTD BLPT Provinsi Sumatera Barat menjadi aset SMK Negeri 1 Sumatera Barat
  3. Mengukuhkan / Melantik manajemen SMK Negeri 1 Sumatera Barat sebagai tahap awal penataan / pengelolaan kelembagaan pada tanggal 08 Maret 2018 dengan komitmen penuh melaksanakan visi misi dan tujuan sekolah dalam Surat Keputusan :
 
  • SK Penunjukan Wakil Kepala Sekolah oleh Kepala Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat No. 821.22/016-021/KPTS-2018 tanggal 08 Januari 2018
  • SK Penunjukan KPK (Ketua Program Keahlian) oleh Kepala SMK Negeri 1 Sumatera Barat No. 800/070/SMK-SB/Kep/2018 tanggal 01 Februari 2018
  • SK Penunjukan Kabeng (Kepala Bengkel) oleh Kepala SMK Negeri 1 Sumatera Barat No. 800/071/SMK-SB/Kep/2018 tanggal 01 Februari 2018
  • SK Penunjukan Kepala Perpustakaan, Kepala Labor dan Kepala Unit Produksi oleh Kepala SMK Negeri 1 Sumatera Barat No. 800/072/SMK-SB/Kep/2018 tanggal 01 Februari 2018
  1. Sebagai upaya penataan / pengelolaan kelembagaan, SMK Negeri 1 Sumatera Barat mempersiapkan pengelolaan / manajerial yang mendukung visi misi dan tujuan sekolah dengan menyiapkan program kerja manajemen sesuai surat edaran Kepala Sekolah No: 800/481/SMK-SB/2018 tanggal 17 Juli 2018. Program kerja yang disiapkan (Lampiran 6) mulai dari Program kerja Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Ketua Program Keahlian, Kepala Bengkel, Kepala UP, Kepala Labor, Kepala Pustaka dan Wali Kelas yang mendukung rencana Visi dan  Misi Sekolah untuk menjadi sekolah unggul  sesuai dengan Instruksi Presiden No 09 Tahun 2016  dalam mengupayakan fokus revitalisasi SMK.
  2. Mengikuti prosedur tata kelola dan regulasi standar kegiatan yang menunjang realisasi 8 Standar Nasional Pendidikan dengan menerapkan regulasi dan standarisasi pengelolaan  sesuai Permendikbud No.19 tahun 2007 lewat standar operasional prosedur (SOP) setiap kegiatan yang disesuaikan juknis dan ketentuan yang berlaku (Lampiran 7).
  3. Membangun komitmen penuh dalam keluarga besar SMK Negeri 1 Sumatera Barat bersama tokoh masyarakat Kecamatan Kuranji dan diketahui oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 08 Maret 2018 dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi tamatan (Lampiran 8)
  4. Berinovasi dengan mengikuti kemajuan teknologi baik dalam hal upadate database sekolah juga upgrade kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dengan mengikuti pelatihan kompetensi di bidang keahlian masing-masing serta mengikut sertakan tenaga pendidik di workshop pelatihan kompetensi guru/program keahlian ganda (lampiran 9) yang sekaligus merupakan Job Enlargement fungsi guru dan Serta penyegaran (reorganisasi) untuk tupoksi guru dan pegawai sesuai Permendikbud No. 24 tahun 2008. Inovasi dilakukan sebagai upaya pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan dalam bentuk Pelatihan/Penataran/Workshop/In House Training/MGMP dalam dan luar negeri.
  5. Penyelarasan dan pemutakhiran Kurikulum Sekolah (KTSP K13 revisi 2018) SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan tuntutan DUDI. Selain itu, KTSP juga disusun untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dalam menyiapkan lulusan yang berkarakter, sesuai visi misi serta tujuan sekolah menjadi sekolah unggul. Penyusunan KTSP telah sesuai dengan Permendikbud No 21 Tahun 2016 dan juknis yang dikeluarkan oleh  Tim Penyusun Kurikulum (TPK) Propinsi.  Sebagai pembuktian keseriusan kerja manajemen dan Tim penyusun, KTSP SMK Negeri 1 Sumatera Barat T.P 2018/2019 telah mencapai penilaian A untuk seluruh Program Keahlian.
  6. Pengembangan inovasi pembelajaran dalam bentuk pelatihan khusus peserta didik yang memiliki bakat/minat/kompetensi dalam bidang kurikuler/ekstrakurikuler dengan mendatangkan narasumber ahli sebagai upaya mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti berbagai lomba dan kegiatan antara lain :
  • Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat kota/propinsi/nasional serta internasional
  • Lomba Kompetensi Siswa yang diadakan oleh Perguruan Tinggi baik Negeri ataupun Swasta
  • Lomba di bidang Olah Raga
  • Pelatihan Robotik (Mekatronika)
  • Kegiatan pameran baik pameran di bidang teknik (gebyar SMK) ataupun seni seperti Marching Band, Randai, Tari
  • Tahfizh, Pramuka, Bela Diri (Pencak Silat, Taekwondo, Karate), PMR dsb
  1. Menjalin hubungan kerjasama/kemitraan dengan DUDI/Perguruan Tinggi dalam bentuk MOU untuk penempatan praktek industri bagi peserta didik/guru, dan penempatan kerja untuk tamatan sebagai upaya dalam menjalin kemitraan sekolah dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) serta membimbing mahasiswa PLK/PPG dari berbagai perguruan tinggi.
  1. Proses seleksi yang selektif dari PPDB Boarding T.P 2018/2019 dan PPDB On-line yang memenuhi SOP (Standar Operasional Prosedur) pelaksanaan yang mengikuti  Juknis PPDB Boarding dan On-line dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Permendikbud No 18 tahun 2018 tentang PPDB.
  1. Program pembiasaan penguatan karakter dan nilai-nilai budaya dalam bentuk konservasi dan revitalisasi bahasa daerah yaitu program Sumbang Duo Baleh dalam rangka menghasilkan lulusan bukan hanya mencari kerja tetapi juga mampu menciptakan peluang kerja dengan karakter yang mulia digali dari nilai budaya Minangkabau (Lampiran 10).
  1. Membangun gedung baru perpustakaan SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang diresmikan pemakaiannya oleh Kepala Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 08 Maret 2018.
  2. Memprogramkan pembangunan dan rehab pagar bagian belakang SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan panjang 143 m dengan tinggi 2,5 m yang merupakan langkah untuk pencapaian poin 3 kriteria sekolah unggul yaitu : menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk berkembangnya potensi keunggulan menjadi keunggulan yang nyata baik lingkung fisik maupun sosial-psikologis.
  3. Pembudayaan Program Literasi bagi peserta didik dan seluruh warga sekolah dengan melakukan upaya seperti (Lampiran 11) :
  • Melengkapi sumber buku dan referensi pembelajaran/pendidikan dengan memaksimalkan sumber dana yang relevan untuk buku/majalah/karya fiksi/Non Fiksi
  • Gerakan membaca Al-quran di setiap awal pembelajaran
  • Gerakan meresume buku fiksi dan non fiksi
  1. Melakukan pengembangan pada Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan membuka kompetensi keahlian baru yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri selaku mitra sekolah dalam rekruitmen tamatan sekolah sesuai kompetensi keahlian yaitu :
  • Bisnis Konstruksi dan Properti
  • Teknik Elektronika Industri
  • Teknik Pendingin dan Tata Udara
  1. Memprogramkan penambahan perlengkapan peralatan praktek kejuruan dengan perencanaan, untuk jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dianggarkan dari DAK Provinsi sebesar Rp. 700,- juta di tahun 2018. Penambahan perlengkapan peralatan praktek kejuruan dengan perencanaan, untuk jurusan Teknik Mesin sebesar Rp. 150 Juta, Teknik Kendaraan Ringan sebesar Rp. 150 juta. Untuk jurusan Mekatronika sebesar Rp. 700,- juta di tahun 2019 serta pembangunan ruang penunjang khusus berupa RPS (Ruang Praktek Siswa) dengan nominal anggaran Rp. 800,- juta di tahun anggaran 2019.
  2. Membuat program penambahan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM) pada tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dilakukan untuk memenuhi animo masyarakat serta mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana juga tenaga pendidik yang telah terpenuhi.
  3. Melaksanakan uji kompetensi keahlian dengan lembaga LSP P2 yang merupakan bagian dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga tamatan dapat sertifikat kompetensi keahlian yang diakui oleh DUDI.
  4. Meningkatkan peranan komite dalam hal mendukung program sekolah menjadi sekolah unggul.
  5. Memaksimalkan fungsi BKK/BKK On-Line dalam penelusuran dan penyaluran kerja bagi tamatan agar diserap oleh DUDI.
  6. Membentuk Panitia Akreditasi Sekolah untuk 5 Program keahlian dalam memenuhi syarat dan prasyarat agar sekolah mendapat pengakuan menjadi sekolah unggul dan terakreditasi dengan nilai akreditasi A pada tahun 2019.
  7. Melakukan pembinaan terhadap Koperasi SMK Negeri 1 Sumatera Barat agar menjadi koperasi yang berbadan hukum.
  8. Melakukan upaya menggiatkan gerakan menabung bagi peserta didik dan pengelolaan koperasi siswa, sebagai langkah awal untuk latihan pembentukan jiwa entrepreneurship.
  9. Evaluasi penyelenggaraan mutu pendidikan di SMK N 1 Sumatera Barat dengan menyelenggarakan secara rutin kegiatan Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) berupa input data kuisioner instrumen pemetaan mutu yang telah disusun mengacu pada delapan komponen Standar Nasional Pendidikan (SNP)
  10. Evaluasi keterlaksanaan program dan penyelenggaraan kegiatan sekolah yang disesuaikan dengan 8 SNP

Tahun 2019


Pada 08 Maret 2019 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Drs. Burhasman, M,M menyerahkan aset eks Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Padang kepada SMKN 1 Sumatera Barat yang ditandai dengan penandatanganan prasasti penyerahan, Jumat (8/3).  diharapkan, perpindahan aset ini bisa meningkatkan kualitas peserta didik dan lulusan pada masa mendatang. “Selain itu berpindahnya aset eks BLPT ini merupakan awal untuk mewujudkan SMK Negeri 1 Sumatera Barat menjadi sekolah kejuruan terunggul di Sumbar,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Sumatera Barat, Drs Risman Jondedwi MM. Peserta didik SMK pada tahun 2018  sebanyak 884 siswa sarana  dan prasarananya belum mendukung untuk proses belajar dan mengajar (PBM). 

Maka sekolah kejuruan ini memerlukan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menjadikan sekolah kejuruan ini menjadi sekolah unggul. Dan dengan dukungan aset eks BLPT ini inilah akan mempercepat proses sekolah ini untuk berkualitas. Kemudian pemindahan aset ini juga dilatarbelakangi, karena SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih belum memenuhi kondisi sarana dan prasarana yang diatur dalam 8 SNP tentang standar sarana dan prasarana sekolah sesuai Permendikbud No. 34/2018. Maka untuk mengupayakan hal tersebut, manajemen dan seluruh keluarga besar SMKN 1 Sumbar membuat langkah dan program-program agar aset Disdik Sumbar dapat dialihkan menjadi aset SMKN 1. Sumbar Hal ini dimungkinkan karena berdasarkan Pergub Sumbar No.97/ 2017 UPTD BLPT tidak dapat lagi melaksanakan kegiatan operasionalnya sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupokasi), yang ditetapkan dalam surat Sekdaprov Sumbar tertanggal 16 Mei 2018.

Upaya pencapaian dilakukan dengan beberapa tahapan di antaranya. Pembuatan Buku Revitalisasi SMKN 1 Sumbar menuju sekolah unggul yang menjelaskan alasan rasional dan tuntutan UU Sisdiknas agar memenuhi standar sarana dan prasarana yang sesuai 8 SNP. Dan merupakan rangkaian program SMKN 1 Sumbar dalam mengupayakan sekolah unggul.

Meminta dukungan penuh dan rekomendasi dari semua pihak untuk percepatan proses dan tahapan pengalihan aset Disdik Sumbar menjadi aset SMKN 1 Sumbar. Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Ikhlas SMKN 1 Sumbar  dilatarbelakangi, karena SMKN ini telah memiliki sarana ibadah Masjid Al-Ikhlas dengan luas  bangunan 100 m2 yang digunakan sebagai tempat beribadah bagi seluruh keluarga besar SMKN 1.

Perpindahan aset ini dengan sendirinya sekolah ini merupakan salah satu sekolah kejuruan yang memiliki lahan terluas di Sumbar. Sebab, lahan sekolah ini mencapai seluas lebih kurang 4 hektare. Ditambah dengan bangunan dan peralatan praktek siswa yang ada di eks BLPT ini, maka butuh dana yang cukp besar untuk merawat dan mengoperasinalkan. Maka dengan sendirinya, hal ini butuh dukungan  dari pihak Komite yang merupakan unsur dari masyarakat sebagai penyelenggara sekolah. Maka ke depan, komite akan saling bahu membahu untuk lancar dan sukses proses belajar dan mengajar (PBM) dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas terhadap anak bangsa.

Pendirian  SMKN 1 Sumbar Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional  (RSBI) pada tahun 2011  berlokasi di BLPT di bawah pembinaan dan pengelolaan Pemprov Sumbar. Dengan pemindahan aset eks BLPT ke SMKN 1 Sumbar, maka hal ini akan meningkatkan kualitas dan mewujudkan SMK ini menjadi sekolah unggul dan menjadi SMK model di Sumbar. Disamping itu terjadi penambahan luas dan bangunan fisik sesuai gambar berikut :

SMK Negeri 1 Sumatera Barat saat ini memiliki Luas area 40.034 m2 +26,8 m2

Tahun 2019

Setelah dilakukan penyerahan asset Eks. BLPT Provinsi Sumatera Barat, penambahan bangunan fisik rehab bangunan yang bias difungsikan untuk local belajar juga dilakukan pada tahun ini. Pembangunan workshop mekatronika dan bantuan peralatan menambah kelengkapan sarana dan prasarana SMK Negeri 1 Sumatera Barat agar bias menjadi Sekolah yang unggul dan terdepan di lingkungan Provinsi Sumatera Barat.

Demikian berita lintas sejarah SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

 

Author: Tim Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   

Newer articles

Older articles

Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online27
  • Search engine21
  • Guest6
  • Today9,038
  • This month172,908
  • Total628,397
Jajak Pendapat

Apakah Anda mengenal dan pernah memanfaatkan Aplikasi Web Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second