Berita Humas : Pelaksanaan IHT (In House Training) SMK Negeri 1 Sumatera Barat Secara Daring Selasa, 19 Mei 2020 di situasi COVID 19

Friday - 22/05/2020 23:04
Berita Humas : Pelaksanaan IHT (In House Training) SMK Negeri 1 Sumatera Barat Secara Daring Selasa, 19 Mei 2020 di situasi COVID 19
Berita Humas : Pelaksanaan IHT (In House Training) SMK Negeri 1 Sumatera Barat Secara Daring Selasa, 19 Mei 2020 di situasi COVID 19
Berita Humas/Hubin : Pelaksanaan IHT (In House Training) SMK Negeri 1 Sumatera Barat Secara Daring Selasa, 19 Mei 2020 di situasi COVID 19

(Berita Humas, Selasa, 19 Mei 2020) Pelaksanaan In House Training In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai persiapan guru untuk menghadapi tahun ajaran baru. Kegiatan yang dialksanakan secara daring (on-liune) melalui Video Conference dengan platform webex sukses dilaksanakan  yang sempat dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Adib Alfikri, SE, MSi , Pengawas Pembina Drs. Nofiandri, M.Pd dan Nara sumber Drs. Andri Defrioka, M.Pd.  

Pelaksanaan secara daring tidak menemui kendala dibuktikan dengan 95 tenaga tenaga pendidik dan kependidikan dapat mengikuti kegiatan IHT dan juga dihadiri beberapa guru tamu dari sekolah lain. Total partisipan pelaksanaan Vicon IHT berjumlah 102 orang yang dapat terlihat dari pantauan layar monitor untuk partisipan yang tergabung.


Kepala Sekolah SMK N 1 Sumatera Barat , Drs. Risman Jondedwi, M.M  mengatakan diadakannya IHT ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja guru dalam hal mengajar atau administrasi guru.

"Pada kegiatan ini banyak materi yang disampaikan terutama mengenai kondisi sekolah yang terus meningkatkan perbaikan proses serta fasilitas pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021, baik Ruang Kelas Baru, Bengkel dan juga Tenaga Pendidik dan Kependidikan”. Hal ini disampaikan pada sambutan pelaksanaan IHT SMK Negeri 1 Sumatera Barat T.P 2020/2021. Beberapa laporan kegiatan dalam hal pencapaian tentang MOU SMK 4 tahun pada Kompetensi Keahlian Mekatronika yang diakui 2 semester jika siswa melanjutkan ke Politeknik (MOU daengan Politeknik Universitas Malang) juga untuk Politeknik di Brunai, Kamboja serta Vietnam yang telah dilakukan MOU pada beberapa setara Politeknik.

Selain itu, dikatakannya bahwa kegiatan ini juga untuk evaluasi kegiatan belajar harus selalu dilakukan untuk pelayanan yang lebih baik pada siswa.
"Dari  segi interen Evaluasi dan perbaikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan dan layanan kepada para siswa terutama dalam Proses Belajar Mengajar," terangnya

 



Dalam kesempatan sambutan oleh pengawas Pembina Drs. Nofiandri, M.Pd menyampaikan 5 Tupoksi yang harus diupayakan guru dalam perbaikan kualitas mengajar, yaitu :
  1. Peningkatan kualitas untuk merancang perencanaan pembelajaran (RPP)
  2. Peningkatan kualitas untuk melaksanakan pembelajaran
  3. Peningkatan kualitas dalam kegiatan penilaian proses belajar, ulangan, dan ujian.
  4. Peningkatan kualitas untuk analisis hasil ulangan harian, membimbing kegiatan ekskul dan pembimbingan prestasi
  5. Perbaikan kualitas untuk melaksanakan tugas tambahan untuk mendukung manajemen dalam melaksanakan program-program sekolah
Narasumber utama pelaksanaan IHT ini Bapak Drs. Andri Defrioka, M.Pd menyampaikan esensi pembuatan RPP yang disederhanakan minimal harus memuat 3 komponen pokok  berdasarkan  SE Mendikbud No. 14 thn 2019 yaitu  :        1. TUJUAN PEMBELAJARAN ; 2. KEGIATAN PEMBELAJARAN ; 3. ASESSMENT yang sebelumnya pembuatan RPP didasarkan Permendikbud No. 22 thn 2016 yang memenuhi 13 komponen yaitu :
  1. Identitas sekolah;
  2. identitas mata pelajaran;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu;
  6. tujuan pembelajaran;
  7. kompetensi dasar dan IPK;
  8. materi pembelajaran;
  9. metode pembelajaran;
  10. media pembelajaran;
  11. sumber belajar;
  12. langkah-langkah pembelajaran;
  13. penilaian hasil pembelajaran.
 
 





Foto – foto kegiatan daring pelaksanaan IHT dapat dilihat berikut ini :
 
 
 

Pelaksanaan kegiatan IHT hari kedua dilanjutkan dengan tugas mandiri yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dengan mengupload tugas RPP pada link berikut ini : 
https://bit.ly/TugasIHT
Demikian berita tentang Pelaksanaan IHT SMK Negeri 1 Sumatera Barat secara daring  di situasi Covid 19.
Wassalam & Thank You.

Let us know what you think

Please give us feedback so we can provide content that’s truly useful and helpful. Thanks!
 

Author: Tim Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   

Newer articles

Older articles

Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online51
  • Search engine43
  • Guest8
  • Today9,038
  • This month172,085
  • Total627,574
Jajak Pendapat

Seberapa besar Aplikasi Web SMK Negeri 1 Sumatera Barat mampu mendukung proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran E-Learning ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second