Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Friday - 27/03/2020 23:46
Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri Keahlian Pengelasan(Welding) ini, sangat dibutuhkan oleh Industri. Tamatan Paket  Keahlian Teknik Pengelasan, telah banyak digunakan oleh industri, maupun dunia usaha lain, karena mereka menguasai berbagai jenis dan teknik Pengelasan yang sangat diperlukan.  Hingga kini telah banyak menghasilkan tamatan yang telah bekerja diberbagai industri dan badan usaha lainnya.

 

Peluang bidang keahlian teknik pengelasan sangat besar dan luas, yaitu dimana ada pekerjaan yang menggunakan besi atau baja, disana pasti ada teknik pengelasan dan tentunya memerlukan tenaga terampil dalam pengelasan. Bilamana melihat besar kecilnya industri, bisa dikatakan bidang keahlian teknik pengelasan sangat dibutuhkan oleh berbagai industri besar dan kecil,misalnya adalah dalam fabrikasi kapal laut, konstruksi baja dan lain sebagainya.

Teknik Pengelasan SMK negeri 1 Cariu

Teknik Pengelasan

Teknik pengelasan bukan hanya sekedar pada pekerjaan pengelasan pada bahan besi atau baja, hampir seluruh logam dalam proses produksinya harus dilakukan proses pengelasan. Seperti contoh adalah rim sepeda motor yuang kelihatan halus mulus dan terbalut chroom sebenarnya adalah terbuat dari steel palt bended yang kemudian dilakukan penyambungan dan kemudian seperti terlihat pada sepeda motor dengan kilau chroom atau warna warni cat.

Bidang pengelasan memang tidak tertumpu pada besi dan baja, karena seperti disebut diatas bidang pengelasan sangat luas bila melihat bahan yang diproduksi. Jangan heran bila kerangka sepeda yang terbuat dari alumunium itu tidak melalui pengelasan. jadi jangan risau dan kemudian beranggapan, bahwa bidang pengelasan adalah suatu bidang remeh dan murah. Pada kenyataannya mereka yang mengantongi grade sebagai teknisi pengelasan adalah tenaga yang luar biasa mahal, apalagi grade yang dimilikinya itu pada standar kerja pengelasan pada industri perminyakan.

Teknik pengelasan  SMK Negeri 1 Sumatera Barat adalah tempat yang sangat tepat untuk dipilih oleh siswa yang nantinya ingin terampil dalam pekerjaan pengelasan. perlu diingat, teknik pengelasan bukan berarti “tukang las”. Sebaliknya tukang las belum tentu memiliki pendidikan formal seperti yang diajarkan oleh SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jadi ada perbedaan sangat jelas bagi mereka yang memiliki pendidikan formal dalam bidang teknik pengelasan dengan tukang las. Namun, apapun sebutannya, bilamana disebut “tukang las” setelah lulus dari bidang keahlian teknik pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat tentunya adalah seorang “tukang las” intelek dengan nilai bayaran tinggi.

Jadi jangan pernah ragu dan berbangga hatilah bila ternyata menjadi siswa SMK dengan bidang keahlian teknik pengelasan, seperti halnya dengan Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Kesempatan besar untuk sukses terbuka lebar bagi mereka yang terampil dalam bidang pengelasan, sama luasnya ketika mereka para lulusan teknik pengelasan akan meneruskan pendidikan lebih tinggi untuk mencapai grade tertinggi dalam dunia pengelasan yang pastinya berstandar internasional. Semoga bermanfaat dan memberi semangat bagi siswa-siswa yang saat ini dan akan menekuni bidang keahlian teknik pengelasan, khususnya di teknik pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

 

Secara umum dalam pendidikan siswa Teknik las mempelajari tentang Las Busur Manual, Las Oxy Acetylen, Las TIG (Tungsten Inner Gas). Las MIG (Metal Inner Gas) yang mencakup persiapan pengelasan sampai pemeriksaan hasil las.

Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan membentuk lulusan terampil, berpengetahuan dan berkarakter unggul sebagai calon tenaga dibidang perencana dan pelaksana Teknik Pengelasan serta juru las yang bersertifikat BNSP pada posisi minimal 3G/3F pada berbagai pengelasan SMAW / MMAW, GMAW dan sebagai calon wirausahaan muda dalam bidang pengelasan .

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa ;

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mencetak tenaga ahli profesional dalam bidang Teknik Pengelasan yang berbasis komputer yang berorientasi pada kebutuhan dunia usaha. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Pengelasan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten;

  1. Bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang Teknik Pengelasan;
  2. Memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang Teknik Pengelasan;

Author: Tim Portal Belajar SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Total notes of this article: 0 in 0 rating

Click on stars to rate this article

  Reader Comments

Security Code   
Mitra Dunia Usaha/Dunia Industri-SMK Negeri 1 Sumatera Barat
Statistik Pengguna Website
  • Online45
  • Search engine38
  • Guest7
  • Today9,038
  • This month172,295
  • Total627,784
Jajak Pendapat

Seberapa besar Aplikasi Web SMK Negeri 1 Sumatera Barat mampu mendukung proses pembelajaran di sekolah khususnya pembelajaran E-Learning ?

PPDB 1.
PPDB 2.
Brosur Siswa Baru
pemisah
Formulir Siswa Baru
pemisah
Pengumuman Kelulusan 2020
pemisah
pemisah (2)
pemisah (2)
Login Now
vicon
jitsimeet
bluebutton
cisco webex
cisco webex(H)
Menu App
Modul Tutorial
pemisah (2)
pemisah (2)
You did not use the site, Click here to remain logged. Timeout: 60 second